Belajar Murrotal al-Quran di depan komputer yuk

December 13, 2013

Dari sekian syarat yang paling utama untuk menjadi imam dalam shalat berjama’ah salah satunya adalah orang yang paling baik bacaannya atau disebut dengan aqra’uhum. Sebagaimana sabda Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam :
Dari Abi Mas’ud Al-Anshari bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Yang menjadi imam shalat bagi manusia adalah yang paling baik bacaan kitabullahnya (Al-Quran Al-Karim). Bila mereka semua sama kemampuannya dalam membaca Al-Quran, maka yang paling banyak pengetahuannya terhadap sunnah” (HR. Jama’ah kecuali Bukhari)
dan juga persis hadits berikut ini
Dari Abu Masna Al-Badri, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, Jama’ah di imami oleh yang lebih pandai membaca Kitab Allah. Jika sama-sama pandai dalam membaca Kitab Allah, maka oleh yang lebih alim tentang sunnah. Jika sama-sama pula, maka oleh yang lebih tua.” (HR. Muslim dan Abu Dawud)
Kenapa yang baik bacaannya lebih di dahulukan dari pada alim tentang sunnah dan yang lebih tua ?
***
Dalam ql-Quran Alloh Berfirman
Dan bacalah Al-Quran itu dengan perlahan/tartil.” (Q.S Al Furqan 32)
Juga dalam hadits Rasullulloh bersabda
“Hiasilah Al-Qur’an dengan suaramu.” (HR. Ahmad, Ibnu Majah dan Al-Hakim)”
“Tidak termasuk umatku orang yang tidak melagukan Al-Qur’an.” (HR. Bukhari dan Muslim).
***
Untuk itu kebetulan saya mendapatkan sebuah software yang lumayan bagus untuk belajar cara membaca al-Quran baik dari segi tajwid maupun dari segi tahsin nya.
Tapi sebelumnya perlu antum ketahui,  dalam segi ilmu nagham / lagu / tahsin al-Quran ada sekitar 7 lagu / lagam, namun yang sering di gunakan hanya beberapa lagu saja, seperti lagu Rasy, hijaz dan nahwand.
***

Free Download Software Belajar Tarannum/Qira'at

Untuk download software bimbingan bacaan al-Quran silahkan klik di sini

sebagian sumber tulisan di sini