Bolehkah Mengumumkan Berita Kematian Seseorang Di Facebook ?

December 1, 2013

SMS ti Kang Risman ping 01-12-2013 tabuh 19:19 WIB. eusina kieu.
Tad bpak … ciloa meninggal nembe abdi kengeng kbr ti siuum, di infokeun dina fb pesantren

Balesana ti kuring
innalillahi wa innailaihi rojiun. sok atuh umum keun we ku akang

Risman
abdi teu tiasa muka fb “

Kuring
ok lah kalau begitu

***

Jam 10 malem buka laptop, niatan untuk buat TS pemberitahuan meninggalnya ayah teman, namun belum sempat selesai menulis istri ane menegurnya karena menurutnya ada hadits yang melarang untuk memberitakan kematian seseorang.

Sempat tegang beberapa menit, karena saya baru mendengar dan tetap ngotot ingin pembuktian dalil yang melarangnya. Istri ane diam dan sedikit marah dengan bahasa tubuhnya,

***

Penasaran dan ane nanya sama mbah google. hasilnya memang seperti yang istri ane bilang “ bahwa memberitakan kematian seseorang dilarang oleh Rasululloh berdasarkan hadits yang akan saya kutip di bawah

Namun sikap ane terhadap hadits tersebut lebih menunjukan kepada sikap longgar, yakni dengan catatan tidak terjebak dalam Na’yu seperti yang di lakukan kebiasan orang jahiliyyah di masa Nabi.

***

Ini yang dari Sunan Tirmidzi

حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ حُمَيْدٍ الرَّازِىُّ حَدَّثَنَا حَكَّامُ بْنُ سَلْمٍ وَهَارُونُ بْنُ الْمُغِيرَةِ عَنْ عَنْبَسَةَ عَنْ أَبِى حَمْزَةَ عَنْ إِبْرَاهِيمَ عَنْ عَلْقَمَةَ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ عَنِ النَّبِىِّ -صلى الله عليه وسلم- قَالَ « إِيَّاكُمْ وَالنَّعْىَ فَإِنَّ النَّعْىَ مِنْ عَمَلِ الْجَاهِلِيَّةِ ». قَالَ عَبْدُ اللَّهِ وَالنَّعْىُ أَذَانٌ بِالْمَيِّتِ. وَفِى الْبَابِ عَنْ حُذَيْفَةَ

…Hindarilah na’yu, karena sesungguhnya na’yu termasuk perbuatan jahiliyyah. (Na’yu adalah berita duka (pemberitaan kematian)….

حَدَّثَنَا سَعِيدُ بْنُ عَبْدِ الرَّحْمَنِ الْمَخْزُومِىُّ حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ الْوَلِيدِ الْعَدَنِىُّ عَنْ سُفْيَانَ الثَّوْرِىِّ عَنْ أَبِى حَمْزَةَ عَنْ إِبْرَاهِيمَ عَنْ عَلْقَمَةَ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ نَحْوَهُ وَلَمْ يَرْفَعْهُ وَلَمْ يَذْكُرْ فِيهِ وَالنَّعْىُ أَذَانٌ بِالْمَيِّتِ.

قَالَ أَبُو عِيسَى وَهَذَا أَصَحُّ مِنْ حَدِيثِ عَنْبَسَةَ عَنْ أَبِى حَمْزَةَ. وَأَبُو حَمْزَةَ هُوَ مَيْمُونٌ الأَعْوَرُ وَلَيْسَ هُوَ بِالْقَوِىِّ عِنْدَ أَهْلِ الْحَدِيثِ. قَالَ أَبُو عِيسَى حَدِيثُ عَبْدِ اللَّهِ حَدِيثٌ حَسَنٌ غَرِيبٌ. وَقَدْ كَرِهَ بَعْضُ أَهْلِ الْعِلْمِ النَّعْىَ وَالنَّعْىُ عِنْدَهُمْ أَنْ يُنَادَى فِى النَّاسِ أَنَّ فُلاَنًا مَاتَ لِيَشْهَدُوا جَنَازَتَهُ. وَقَالَ بَعْضُ أَهْلِ الْعِلْمِ لاَ بَأْسَ أَنْ يُعْلِمَ أَهْلَ قَرَابَتِهِ وَإِخْوَانَهُ. وَرُوِىَ عَنْ إِبْرَاهِيمَ أَنَّهُ قَالَ لاَ بَأْسَ بِأَنْ يُعْلِمَ الرَّجُلُ قَرَابَتَهُ

…..sebagian ahli ilmu tidak menyukai na’yu. Dan na’yu menurut pendapat mereka adalah menyerukan (kabar) kepada orang banyak bahwa si fulan sudah meninggal supaya mereka menyaksikan jenazahnya (melayat). Sebagian ahli ilmu mengatakan tidak apa-apa kalau memberitahukan kepada kerabat dan teman-temannya…..

حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ مَنِيعٍ حَدَّثَنَا عَبْدُ الْقُدُّوسِ بْنُ بَكْرِ بْنِ خُنَيْسٍ حَدَّثَنَا حَبِيبُ بْنُ سُلَيْمٍ الْعَبْسِىُّ عَنْ بِلاَلِ بْنِ يَحْيَى الْعَبْسِىِّ عَنْ حُذَيْفَةَ بْنِ الْيَمَانِ قَالَ إِذَا مِتُّ فَلاَ تُؤْذِنُوا بِى أَحَدًا إِنِّى أَخَافُ أَنْ يَكُونَ نَعْيًا فَإِنِّى سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- يَنْهَى عَنِ النَّعْىِ. هَذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ

…Hudzaifah bin al Yaman pernah berkata, “ Kalau aku mati maka janganlah kalian kabarkan kepada siapapun. Aku takut ini termasuk na’yu. Maka aku pernah mendengar Rasulallah shallallahu ‘alaihi wa sallam melarang na’yu”……

Ini dari Musnad Ahmad

حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ حَدَّثَنِى أَبِى حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ آدَمَ حَدَّثَنَا حَبِيبُ بْنُ سُلَيْمٍ الْعَبْسِىُّ عَنْ بِلاَلٍ الْعَبْسِىِّ عَنْ حُذَيْفَةَ أَنَّهُ كَانَ إِذَا مَاتَ لَهُ مَيِّتٌ قَالَ لاَ تُؤْذِنُوا بِهِ أَحَداً إِنِّى أَخَافُ أَنْ يَكُونَ نَعْياً إِنِّى سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- يَنْهَى عَنِ النَّعْىِ

…Dari Hudzaifah bahwa apabila ada salah seorang yang mati, dia berkata, “Janganlah mengabarkan kematiannya kepada orang lain, aku takut hal itu termasuk na’yu. Sesungguhnya aku telah mendengar Rasulallah shallallahu ‘alaihi wa sallam melarangnya,”…

Ini dari Shohih Bukhari

حدثنا عبد الله بن يوسف أخبرنا مالك عن ابن شهاب عن سعيد بن المسيب عن أبي هريرة رضي الله عنه: أن رسول الله صلى الله عليه و سلم نعى النجاشي في اليوم الذي مات فيه وخرج بهم إلى المصلى فصف بهم وكبر عليه أربع تكبيرات

…..bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam telah mengabarkan kematian raja Najasyi pada hari kematiannya dan beliau keluar menuju musholla dan sholat (ghaib) mengimami orang-orang dan beliau sholat empat kali takbir…

حدثنا سليمان بن حرب حدثنا حماد بن زيد عن أيوب عن حميد بن هلال عن أنس بن مالك رضي الله عنه: أن النبي صلى الله عليه و سلم نعى جعفرا وزيدا قبل أن يجيء خبرهم وعيناه تذرفان

…Bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mengabarkan kematian Ja’far an Zaid sebelum datang kabar mereka (dari para sahabat) dan air mata beliau menetes…

Di kitab Nailul Authar, Asy-Syaukani berkata, “Kesimpulannya, mengumumkan berita kematian untuk memandikan, mengafani, menshalatkan, mengusung dan mengebumikan jenazahnya dikhususkan dari keumuman larangan tersebut. Sebab mengumumkan berita kematian kepada pihak yang mengurusi urusan jenazah ini merupakan perkara yang disepakati kebolehannya sejak zaman para Nabi sampai sekarang. Adapun jika lebih dari itu, maka ia termasuk dalam keumuman larangan tersebut.”

sumber kutipan dari di sini

***

Jika ada bantahan yang logis dan berdasarkan dalil yang qot’i ane sangat bergembira sekali.

261967_10151088145316840_643107416_n

No comments:

Post a Comment